Sistem
informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan
kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial
dan kegiatan strategi dari suatu organisasasi, dan menyediakan pihak luar
tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan. Disini kami akan menjelaskan
sistem informasi yang kami temukan yaitu My Orion. Manfaat dari sistem
informasi My Orion ini adalah dapat memantau pergerakan barang kiriman,
sehingga cukup membantu pelanggan yang sering kali ingin mengetahui status
barangnya. Agar supaya tidak direpotkan oleh pelanggan/customer. My Orion
dipakai oleh PT.TIKI Jalur Nugraha dan PT.JNE Logistik tetapi disini kami
mensurvei ke Agen PT.JNE Logistik yang letaknya berada di Jl.Dustira No.01.
Untuk mengelola apa saja
sistem informasi tersebut?
Sistem informasi
tersebut yang biasa digunakan oleh JNE yaitu ORION biasanya digunakan untuk
mengolah transakasi para konsumen JNE itu sendiri dan juga untuk melakukan
pelaporan keuangan secara otomatis dengan cash register dan penulisan connote,
semuanya dilakukan otomatis oleh sistem ORION. akan tetapi sistem itu hanya
digunakan bagi kantor-kantor atau agen-agen JNE yang sudah terhubung secara
online jika belum maka kantor atau agen tersebut masih menggunakan sistem
secara manual.
Nah, kalo bertanya-tanya
tentang ” Siapa saja yang terkait dalam sistem informasi tersebut?” Jawabannya
adalah hanya agen dan pusat yang terlibat. Kami mewawancarai agen JNE di Jl.
Dustira no 01 yaitu agen BD0-00038. Sedangkan alamat kantor JNE Bandung Pusat
itu sendiri ada di Jalan Soekarno-Hatta No. 452, Bandung Kidul. Di Bandung ada
sekitar kurang lebih 50 cabang kantor JNE.
Bagaimana Cara kerja
sistem orion?
PT. JNE mengembangkan sistem berbasis teknologi informasi yang
disebut MyOrion. Manfaatnya dapat memantau pergerakan barang kiriman, sehingga
cukup membantu pelanggan yang sering kali ingin mengetahui status barangnya.
Agar supaya tidak direpotkan oleh pelanggan/customer, pihak PT. JNE Logistik
merasa perlu memberitahukan nomor resi pengiriman barang ke pelanggan. Pengguna
layanan perusahaan PT. JNE memang bisa memantau pergerakan barang
yang dikirimkan. Setiap tahapan pengiriman dapat dipantau secara real time
melalui website www.jne.co.id. Pelanggan tinggal memasukkan nomor resi
pengiriman. Selanjutnya, pelanggan dapat melihat status pengiriman paketnya.
Misalnya, sudah sampaikah di kota tujuan, atau sedang dalam perjalanan ke
alamat tujuan. Pelanggan dapat memantau secara online. Bahkan, report-nya
sangat detail hingga ke status barang dan waktunya.
My-Orion
mampu mempercepat proses kerja PT. JNE . Sistem My-Orion tidak perlu lagi
meng-input data kiriman yang jumlahnya mencapai satu juta paket tiap bulan.
Barang yang akan dipaket dan dikirimkan harus dijemput di tempat klien. Penerapan
sistem My-Orion mampu memperbaiki keakuratan data dalam setiap perubahan waktu
pemprosesan. Walaupun rata-rata dalam sebulan menangani satu juta kiriman
paket, sistem ini mampu memberikan status yang jelas. Setiap kali barang
berpindah, selalu ada proses pemindahan dan pencatatan
Cara
kerja sistem untuk pelanggan yaitu petugas kurir PT. JNE Logistik mengambil
paket ke perusahaan/pelanggan, yang telah mengisi formulir pengiriman. Sampai
di kantor cabang, nomor resi berikut data kiriman lainnya dimasukkan ke sistem
My-Orion, sehingga semua datanya langsung tercatat. Jadi, selain dapat diakses
secara online oleh pelanggan, bagian keuangan pun tidak perlu meng-input ulang
data untuk dijadikan invoice. Tinggal masuk ke sistem dan dicetak, semua sudah
terekam.
Eh pa candra lagi pick up
BalasHapus