Kamis, 15 September 2016

Sistem Informasi: JNE




Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasasi, dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan. Disini kami akan menjelaskan sistem informasi yang kami temukan yaitu My Orion. Manfaat dari sistem informasi My Orion ini adalah dapat memantau pergerakan barang kiriman, sehingga cukup membantu pelanggan yang sering kali ingin mengetahui status barangnya. Agar supaya tidak direpotkan oleh pelanggan/customer. My Orion dipakai oleh PT.TIKI Jalur Nugraha dan PT.JNE Logistik tetapi disini kami mensurvei ke Agen PT.JNE Logistik yang letaknya berada di Jl.Dustira No.01.

Untuk mengelola apa saja sistem informasi tersebut?
Sistem informasi tersebut yang biasa digunakan oleh JNE yaitu ORION biasanya digunakan untuk mengolah transakasi para konsumen JNE itu sendiri dan juga untuk melakukan pelaporan keuangan secara otomatis dengan cash register dan penulisan connote, semuanya dilakukan otomatis oleh sistem ORION. akan tetapi sistem itu hanya digunakan bagi kantor-kantor atau agen-agen JNE yang sudah terhubung secara online jika belum maka kantor atau agen tersebut masih menggunakan sistem secara manual.



Nah, kalo bertanya-tanya tentang ” Siapa saja yang terkait dalam sistem informasi tersebut?” Jawabannya adalah hanya agen dan pusat yang terlibat. Kami mewawancarai agen JNE di Jl. Dustira no 01 yaitu agen BD0-00038. Sedangkan alamat kantor JNE Bandung Pusat itu sendiri ada di Jalan Soekarno-Hatta No. 452, Bandung Kidul. Di Bandung ada sekitar kurang lebih 50 cabang kantor JNE.

Bagaimana Cara kerja sistem orion?
PT. JNE mengembangkan sistem berbasis teknologi informasi yang disebut MyOrion. Manfaatnya dapat memantau pergerakan barang kiriman, sehingga cukup membantu pelanggan yang sering kali ingin mengetahui status barangnya. Agar supaya tidak direpotkan oleh pelanggan/customer, pihak PT. JNE Logistik merasa perlu memberitahukan nomor resi pengiriman barang ke pelanggan. Pengguna layanan perusahaan PT. JNE  memang bisa memantau pergerakan barang yang dikirimkan. Setiap tahapan pengiriman dapat dipantau secara real time melalui website www.jne.co.id. Pelanggan tinggal memasukkan nomor resi pengiriman. Selanjutnya, pelanggan dapat melihat status pengiriman paketnya. Misalnya, sudah sampaikah di kota tujuan, atau sedang dalam perjalanan ke alamat tujuan. Pelanggan dapat memantau secara online. Bahkan, report-nya sangat detail hingga ke status barang dan waktunya.
My-Orion mampu mempercepat proses kerja PT. JNE . Sistem My-Orion tidak perlu lagi meng-input data kiriman yang jumlahnya mencapai satu juta paket tiap bulan. Barang yang akan dipaket dan dikirimkan harus dijemput di tempat klien. Penerapan sistem My-Orion mampu memperbaiki keakuratan data dalam setiap perubahan waktu pemprosesan. Walaupun rata-rata dalam sebulan menangani satu juta kiriman paket, sistem ini mampu memberikan status yang jelas. Setiap kali barang berpindah, selalu ada proses pemindahan dan pencatatan
Cara kerja sistem untuk pelanggan yaitu petugas kurir PT. JNE Logistik mengambil paket ke perusahaan/pelanggan, yang telah mengisi formulir pengiriman. Sampai di kantor cabang, nomor resi berikut data kiriman lainnya dimasukkan ke sistem My-Orion, sehingga semua datanya langsung tercatat. Jadi, selain dapat diakses secara online oleh pelanggan, bagian keuangan pun tidak perlu meng-input ulang data untuk dijadikan invoice. Tinggal masuk ke sistem dan dicetak, semua sudah terekam. 



1 komentar: